by

Menteri Agama Berharap Puasa Ramadhan Hari Pertama di Tahun ini Dilaksanakan Serentak

Menteri Agama Berharap Puasa Ramadhan Hari Pertama di Tahun ini Dilaksanakan Serentak

Jakarta, Penalutim.comMenteri Agama Lukman Hakim Saifuddin mengatakan perbedaan pendapat soal Awal Ramadan biasa terjadi. Namun ditahun ini, Lukman berharap perbedaan itu tidak terjadi lagi dan puasa hari pertama dilaksanakan dihari yang sama.

“Harapannya semua puasa di hari yang sama. Semua kompak,” ujarnya di gedung Stovia, Jalan Abdul Rachman Saleh, Jakarta Pusat, Rabu (17/5/2017).

Lukman juga mengatakan, upaya memulai puasa secara serentak itu hanya dilakukan oleh pemerintah karena menurutnya,  mayoritas muslim menginginkan persamaan.

“Kita semua sebenarnya menghendaki agar 1 Ramadan puasa tahun ini bisa dilakukan secara serentak atau bersamaan. Mudah-mudahan kita bisa alami itu,” ungkapnya.

Ia pun mengatakan penentuan 1 Ramadan akan melalui Sidang Isbat. Sidang itu rencananya akan digelar pada 26 Mei mendatang.

“Kita akan mengadakan sidang isbat untuk menetapkan apakah pada saat itu hilal sudah bisa dilihat. Kalau sudah, itu pertanda keesokan harinya kita memasuki Ramadan,” katanya.

Jika belum terlihat, 1 Ramadan akan jatuh pada 28 Mei. Lukman berharap penetapan tersebut dapat disetujui dan diikuti semua pihak.

“Ya semoga tahun ini serentak. Jadi semoga nanti pada sidang isbat mudah-mudahan ada kesamaan Menentukan 1 Ramadan,” harapnya

Penulis : Bima 

Comment

News Feed