by

Ini Keindahan Pantai Lemo di Luwu Timur Yang Jarang di Ekspos

Luwu Timur, Penalutim.co.id – Sebagai Negara dengan garis pantai terpanjang kedua di dunia, Indonesia memiliki banyak pantai yang indah. masing-masing memiliki pesona, keistimewaan, dan daya tarik tersendiri.

Salah satunya adalah Pantai Lemo, Lokasi objek wisata Pantai Lemo ini berada di Desa Mabonta, Kecamatan Burau, Luwu Timur, Sulawesi Selatan.

Perjalanan ke Pantai Lemo memakan waktu sekitar 50 menit dari Kota Bulukumba, atau kurang lebih 4 jam dari Kota Makassar.

Objek wisata Pantai Lemo ini tergolong primadona, bukan hanya penduduk lokal saja yang banyak berkunjung ke pantai tersebut tetapi banyak juga pengunjungnya dari kalangan mancanegara, banyak turis yang berdatangan ke pantai tersebut untuk menikmati panorama pantai yang eksotis.

Keindahan ari laut yang jernih membiru, hamparan pasir putih yang panjang melandai, serta desiran ombak yang tenang menjadikan kegiatan wisata pantai dengan leluasa dinikmati sepanjang pantai.

Daya pikat pantai ini bukan hanya terletak pada pasir putih dan air laut yang masih jernih, tetapi juga beberapa gugusan batu karang yang menyembul ke permukaan air yang masih alami.

Fenomena alam unik yang juga di jumpai di Pantai Lemo adalah tanah berwarna merah yang berdiameter beberapa puluh centimeter saja, selebihnya tanah berwarna hitam.

Apabila tanah merah ini digali, tanah akan tetap berwana merah. Sementara daerah di sekitarnya tidak menunjukan fenomena yang serupa. Dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk menjawab mengapa di tepian pantai ada tanah berwarna merah dan melingkar.

Fenomena alam lain yang juga menarik di Pantai Lemo adalah munculnya mata air tawar di tepi pantai. Berjarak beberapa puluh meter dari tepi pantai didapati pula Goa yang di dalamnya mempunyai mata air tawar dan jernih. Tidak diketahui secara pasti kapan mata air ini mulai dimanfaatkan masyarakat sekitar.

Namun, satu hal yang jelas bahwa hingga saat ini mata air ini masih dimanfaatkan oleh penduduk kampung Lemo-Lemo untuk mandi maupun mengambil air untuk masak.

Di samping beberapa pesona alam di atas, Pantai Lemo juga menyimpan potensi lain sebagai daya dukung Pariwisata. Potensi tersebut adalah Potensi Wisata sejarah.

Cerita rakyat serta beberapa bukti makam para raja Lemo-Lemo menjadi bukti yang sahih bahwa di tempai ini dulunya pernah berdiri sebuah kerajaan yang memegang peranan penting dalam sejarah kemaritiman Nusantara.

Makam para pembesar Kerajaan Lemo-Lemo yang terdapat di antara semak-semak hutan di tepian Pantai Lemo juga merupakan asset budaya sekaligus wisata yang pantas dikembangkan. Berjarak beberapa meter saja dari goa bermata air tawar tersebut, dapat pula dijumpai sisa-sisa benteng pembatas istana.

Soal fasilitas, pengunjung tak perlu khawatir. Pemerintah Kabupaten Luwu Timur sudah menyiapkan areal parkir permanen. Terhubung dengan anjungan dermaga sepanjang 100 meter.

Kemudian di tengah dermaga juga terdapat baruga sebagai tempat berteduh dan beristirahat. Sementara di ujung dermaga, pengunjung dapat memanfaatkan area tersebut untuk ber-selfie ria. Selain itu, pengunjung juga bisa menyewa pelampung dari ban untuk berenang.

Bagaimana, sangat menarik untuk dikunjungi bukan? Pantai Lemo ini sangat cocok untuk wisata keluarga. Dan bagi Anda para traveler kalian bisa coba menikmati Keindahan Pantai Lemo jika sedang berlibur ke Kota Makasar.

Keindahan pantainya, deburan ombak  serta hembusan angin juga membuat daun-daun kelapa seolah menari riang. Ikut menyaksikan kebahagiaan para Pengunjung  Wisata pantai tersebut.

 

Penulis : Novita Dewi

Editor :Redaksi

Comment

News Feed