by

Ini 5 Tempat Wisata Tanah Toraja Yang Bikin Merinding

Penalutim.co.id, Toraja – Toraja atau yang dikenal juga dengan Tana Toraja merupakan salah satu kabupaten yang ada di Provinsi Sulawesi Selatan. Menurut cerita legenda yang menyebar di masyarakat Suku Toraja, leluhur dari suku toraja sendiri berasal dari manusia yang turun dari nirwana dengan menggunakan tangga dari langit menuju bumi. oleh karena itu mereka percaya bahwa tangga tersebut bisa berfungsi untuk media pendekatan diri kepada Tuhan Yang Maha Kuasa ( Puang Matua ).

Selain itu keeksotisan wilayah dan Budaya yang dimiliki Tana Toraja membuat nama Tana Toraja memang sangat dikenal luas baik Nasional maupun Mancanegara karena Masyarakat Asli Suku Toraja yang masih mendiami daerah pegunungan, mempertahankan gaya hidup yang khas, juga masih menunjukkan gaya hidup Austronesia yang mirip dengan budaya Nias, yang menjadikan Tana Toraja menjadi salah satu Situs Warisan Budaya Dunia yang terdaftar di UNESCO serta dikenal akan keindahan wisata alamnya.

Berikut ini adalah 5 Tempat Wisata Keren Tana Toraja yang paling populer dan wajib untuk  dikunjungi :

Pallawa

Tongkonan Pallawa merupakan salah satu tongkonan atau rumah adat yang sangat menarik. Tongkonan Pallawa dibuat di antara pohon bambu di puncak bukit. Tongkonan tersebut didekorasi dengan sejumlah tanduk kerbau yang ditancapkan di bagian depan rumah adat.

Londa

Tempat wisata selanjutnya yang bisa Anda kunjungi adalah Londa. Londa merupakan bebatuan curam di sisi makam khas Tana Toraja. Disana Anda bisa melihat berbagai macam peti diatur sesuai dengan garis keluarga, memang mungkin banyak diantara Anda yang menganggap tempat tersebut menyeramkan, tetapi untuk Anda yang senang untuk mencari berbagai budaya yang ada di Indonesia Anda harus datang ke tempat wisata yang satu ini.

Ke’te Kesu

Salah satu tempat wisata yang wajib Anda kunjungi adalah Ke’te Kesu. Yang mempesona dari tempat wisata yang satu ini adalah berupa Tongkonan. Selain banyak sekali rumah adat yang berjajar, ada juga kuburan tebing dan kuburan bergantung, dan tau-tau dalam bangunan batu yang diberi pagar. Tau-tau ini memperlihatkan penampilan pemiliknya sehari-hari. Perkampungan yang satu ini juga dikenal dengan keahlian seni ukir yang dimiliki oleh penduduknya.

Batu Tumonga

Tempat wisata selanjutnya yang bisa Anda kunjungi untuk menambah pegetahuan mengenai budaya di Tana Toraja adalah Batu Tumonga. Di tempat wisata yang satu ini Anda disuguhkan dengan banyaknya bebatuan yang sangat menarik dan indah. Disana juga Anda akan melihat keindahan rantepau dan lembah sekitarnya.

Lemo

Tempat wisata selanjutnya yang bisa Anda kunjungi adalah Lemo. Lemo merupakan tempat yang sering disebut sebagai rumah para arwah. Di sana Anda bisa melihat mayat yang disimpan di udara terbuka, ditengah bebatuan yang curam. Pada waktu-waktu tertentu pakaian dari mayat-mayat yang ada akan diganti dengan melalui upacara Ma Nene.

Sudah bukan rahasia lagi bahwa beberapa Tempat Wisata di Toraja ini menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan manca negara untuk datang ke indonesia. Bisa dibilang bahwa tana Toraja merupakan salah satu situs warisan dunia. Karena Toraja menjadi salah satu tempat konservasi Peradaban Budaya Proto Melayu Austronesia yang masih terawat hingga kini.

Penulis : Novita Dewi

Editor : Risal

Comment

News Feed