by

Putin Minta Trump Menahan Diri

Moskow, Penalutim.com – Presiden Rusia Vladimir Putin meminta Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump untuk menahan diri dalam menyikapi situasi di Semenanjung Korea.

Hal itu disampaikan Putin lewat pembicaraan telepon dengan Trump. Program rudal nuklir dan balistik Korut merupakan tantangan utama secara global, kedua pemimpin tersebut juga membahas bagaimana cara menyelesaikan krisis yang telah menimbulkan ketegangan di seluruh Asia Pasifik.

“Situasi berbahaya di Semenanjung Korea telah dibahas secara rinci. Vladimir Putin menyerukan agar menahan diri dan tingkat ketegangannya akan berkurang,” kata Kremlin seperti dikutip dari Reuters, Rabu (3/5).

“Kedua pemimpin tersebut juga mendiskusikan pertemuan tatap muka pertama mereka di sela-sela KTT G20 di Hamburg 7-8 Juli,” kata Kremlin.

Situasi di Semenanjung Korea memasuki titik kritis setelah Korea Utara (Korut) kembali melakukan uji coba rudal setelah Dewan Keamanan PBB melakukan pertemuan dengan Sekretaris Negara AS.

AS sendiri telah mengirimkan armada kapal perang yang dipimpin oleh kapal induk USS Carl Vinson ke Semenanjung Korea. Nantinya, armada itu akan bergabung dengan kapal selam bersenjata rudal USS Michigan yang juga telah berada di Korea Selatan (Korsel).

Editor : Redaksi

Foto : BBC

Comment

News Feed