by

Menengok Wajah Televisi Indonesia

penalutim

                                                        Oleh : Evi Indria ( Wartawan Majalah Kartini)

Bagai kaca terhempas ke batu. Kecewa. Itulah gambaran peribahasa yang saya rasakan dengan perkembangan televisi Indonesia saat ini.

Televisi merupakan media yang paling efektif dalam menyampaikan informasi pada masyarakat seharusnya juga bisa menjadi sarana pendidikan. Menghasilkan generasi muda yang berpikiran luas tidak hanya bergantung dari lembaga pendidikan formal maupun informal. Televisi juga dapat memberi masukan sedikit demi sedikit dalam perkembangan pemikiran generasi muda.

Kehadiran televisi banyak memberi pengaruh positif maupun negatif secara luas. Pengaruh tersebut berkaitan dengan kemampuan untuk menyuguhkan beragam tayangan hiburan yang dapat menghilangkan stress karena banyaknya masalah dalam kehidupan tetapi juga dapat menambah informasi, wawasan, pengetahuan, pendidikan dan lainnya.

Faktanya bahwa siaran televisi memberikan dampak positif bagi penonton, tentu saja merupakan sebuah nilai tambah bagi siaran televisi tersebut. Dampak negatif tayangan televisi adalah tayangan yang berisikan perilaku keras atau moralitas negatif, tentu sangat berpengaruh bagi penonton yang masih di bawah umur.

Di era modern, televisi dengan kilatnya membius masyarakat. Berbagai tayangan yang ditampilkan di televisi, baik itu iklan, dengan cepatnya merasuki pikiran penonton baik dewasa maupun anak kecil. Pengaruh yang mencetak budaya anak alay sangat terlihat jelas. Apalagi jika kita flash back televisi jaman dahulu dengan tayangan sekarang sudah hampir berbalik 180 derajat. Membosankan.

Televisi telah meresahkan kita semua, seperti acara televisi dapat membuat kita menjadi pemalas, lupa diri, mengakibatkan pergeseran moral dan lain sebagainya. Jika tidak mendapat pengawasan yang cukup, anak-anak akan meniru segala hal yang dilihatnya di televisi.

Karena itulah cara yang tepat untuk mencegah pengaruh negatif tersebut kita harus selektif dalam memilih acara di TV, dan harus selalu ingat bahaya penyakit yang ditimbulkan karena lama menonton acara TV hingga banyak memakan waktu.

 

Comment

News Feed