by

Bupati Luwu Timur : Kegiatan Pramuka Terbukti Mampu Meningkatkan Kreatifitas, Karakter Dan Sikap Positif

Bupati Luwu Timur : Kegiatan Pramuka Terbukti Mampu Meningkatkan Kreatifitas, Karakter Dan Sikap PositifLuwu Timur, Penalutim.com – Bupati Luwu Timur, HM Thorig Husler hadiri malam api unggun Lomba Tingkat (LT) III Gerakan Pramuka di Halaman Sekretariat Kwarcab Pramuka Kecamatan Malili, sabtu (25/03/17) malam.

Lomba Tingkat III ini merupakan pertemuan regu-regu pramuka penggalang dari suatu satuan pramuka dengan acara kegiatan kreatif, rekreatif dan edukatif dalam bentuk perlombaan yang berlandaskan pada prinsip-prinsip dasar metodik pendidikan kepramukaan dan digunakan untuk mengevaluasi serta meningkatkan kecakapan dan kemampuan para pramuka penggalang. Kegiatan ini berlangsung dari tanggal 24 hingga 26 Maret 2017.

Panitia Pelaksana, Bakara mengatakan Kegiatan LT III ini rutin dilaksanakan setiap 5 tahun sekali dimana kegiatan ini merupakan kegiatan yang sangat ditunggu oleh adik-adik pramuka khususnya di tingkat penggalang yang berusia 11 hingga 15 tahun,” jelas Bakara.

Ia mengungkapkan jika tujuan diselenggarakannya LT III yaitu meningkatkan dan mengembangkan kualitas pembinaan pramuka penggalang dari tingkat gugus depan hingga kwartir, meningkatkan prestasi pramuka penggalang sebagai bekal kemandirian dan kesinambungan pembinaan di gugus depan.

Selain itu Bakara mengatakan kegiatan yang diselenggarakan oleh Kwarcab gerakan pramuka Luwu Timur ini, meliputi Agama, Filsafah Pancasila, Jiwa Perjuangan 1945, Ketahanan Nasional, Persahabatan dan Kekeluargaan, Perkembangan Ekonomi, Sosial, dan Teknologi, Seni Budaya, Kesehatan, Kesejahteraan, serta Kelestarian lingkungan hidup.

”ruang lingkup penyelenggaraan LT III juga meliputi Keamanan dan Ketertiban Masyarakat, Kepemimpinan dan kewiraswastaan, serta kegiatan khusus pembina pendamping yaitu Gelar Ajar yang merupakan kegiatan tambahan untuk pembina damping,” ucapnya

Menanggapi hal tersebut Bupati Luwu Timur, HM Thorig Husler yaang juga sekaligus ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Luwu Timur mengatakan. Gerakan pramuka bisa menjadi benteng bagi generasi muda. Pasalnya lewat gerakan pramuka menjadi wadah positif bagi pembentukan karakter dan kepribadian kaum muda agar tidak mudah terjerumus ke hal-hal negatif seperti narkoba, seks bebas dan prilaku menyimpang lainnya.

Menurutnya bimbingan dan arahan yang diberikan dalam kegiatan pramuka terbukti mampu meningkatkan kreatifitas, karakter dan sikap positif lainnya. Oleh karena itu saya bangga dengan Pramuka dan Pemerintah Daerah sangat mendukung dan mensupport kegiatan-kegiatan kepramukaan dan kepanduan. “Saya bangga dengan pramuka” tutup Husler  (red)

Comment

News Feed