Ini Alasan Pemerintah Bentuk Badan Siber Nasional

Ini Alasan Pemerintah Bentuk Badan Siber Nasional Jakarta, Penalutim.com – Rencana pemerintah dalam waktu dekat ini akan membentuk Badan Siber Nasional. Pemerintah  melakukan hal tersebut, karena saat ini Indonesia merupakan Negara dengan sasaran kejahatan siber terbesar di dunia.

Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Wiranto mengatakan dari informasi, Indonesia termasuk paling besar sasarannya di dunia. Padahal hampir seluruh kehidupan masyarakat pakai internet. Kalau tidak bisa diproteksi maka terjadi kekacauan,” kata Wiranto saat jumpa pers di City Tower, Jl MH Thamrin, Jakarta Pusat, Kamis (5/1).

Menurutnya  beberapa aspek seperti perdagangan hingga perbankan saat ini sudah melalui sistem online. Jika hal tersebut tidak dilindungi akan mengganggu stabilitas perekonomian. “Misal e-commerce, perbankan, perdagangan, bursa saham, pasar, peradangan online semua lewat internet. Kalau ada serangan yang nggak bisa kita atasi, ini kan merusak perekonomian masyarakat, maka kita dirikan Basinas,” ujarnya.

Wiranto berharap Basinas segera terbentuk bulan ini. Hal tersebut sudah disetujui Presiden Joko Widodo saat rapat terbatas di Istana Kepresidenan. “Bulan ini kita harapkan dapat terbentuk,” kata Wiranto.

Lembaga Sandi Negara (Lemsaneg) rencananya akan dijadikan embrio pembentukan Basinas. Wiranto menjelaskan akan memperkuat fungsi Lemsaneg. “Sebagai embrio, Lemsaneg akan kita empowering. Akan kita perkuat,” ungkapnya.  (Red/RI)

Comment