by

Sri Paduka : Kawali Luwu Memiliki Makna Filosofis Keberanian, Kekuatan, dan Kepercayaan

SRI PADUKA LUWULuwu Timur, Penalutim.com – Bupati Luwu Timur, HM Thorig Husler saat berkunjung sekaligus Silaturahmi ke kedatuan Luwu di Istana Luwu. Husler menerima hadiah Kawali Luwu dari Sri Paduka Datu Luwu, Andi Maradang Mackulau Opu To Bau. Palopo, Rabu (04/01/2017)

Datu Luwu mengatakan  seorang pemimpin atau tokoh panutan yang ada di wilayah kedatuan Luwu ini seyogyanya memiliki Kawali Luwu yang memang sudah menjadi identitas Luwu.

“Seorang pemimpin atau panutan. sudah selayaknya memiliki Kawali Luwu” kata Andi Maradang Mackulau Opu To Bau saat menyerahkan kawali tersebut .

Datu juga menambahkan Kawali Luwu ini memiliki makna filosofis seperti keberanian, kekuatan, dan kepercayaan. Namun yang menarik dari Kawali Luwu ini bahan baku berasal dari bessi Ussu yang memang sejak dulu sangat dikenal kualitasnya. Belum lagi dari segi teknik pembuatan, dan pamor maupun sisi’ (tuah) Kawali Luwu ini memiliki ciri khas tersendiri.

Menanggapi hal tersebut, Bupati Luwu Timur HM Thorig Husler merasa bangga saat dianugerahi Kawali Luwu Oleh Sri Paduka. Menurutnya sebuah kehormatan memiliki Kawali Luwu yang di berikan langsung oleh Sri Paduka Datu Luwu.

“ini adalah identitas, simbol kehormatan dan kepercayaan yang akan saya jaga” tutur Husler. (RM)

Comment

News Feed