by

Kebakaran Kapal Wisata Zahroh Di Kepulauan Seribu

Jakarta, Penalutim.co.id – Kapal wisata KM Zahroh Express terbakar saat berlayar mengantarkan wisatawan dari Muara Angke menuju Pulau Tidung, Kepulauan Seribu pada Minggu (1/1/2017).

Berdasarkan data yang diperoleh dari Kementerian Perhubungan, tercatat jumlah penumpang kapal sebanyak 184 orang berikut anak buah kapal.

Menurut Kepala Suku Dinas Pemadam Kebakaran, Satriadi, titik kebakaran diduga berasal dari aki di bagian bawah sebelah depan kapal. Kapten kapal pun langsung meloncat ke laut, karena posisinya adalah yang terdekat dari api. Namun Polisi menyebutkan, bahwa api berasal justru berasal dari mesin bagian belakang kapal, yang kemudian menjalar ke bagian depan kapal.

Adapun jumlah korban sementara yang meninggal dunia dalam insiden tersebut yaitu berjumlah 23 orang, korban yang dirawat berjumlah 31 orang, dan  130 orang dinyatakan selamat.

Kapal yang dibuat pada tahun 2013, dengan kapasitas 285 orang tersebut dinilai sudah tidak layak pakai oleh salah seorang penumpang yang selamat, Nila. Menurutnya, kapal Zahroh sudah nampak rapuh.

“Menurut saya kapal ini sudah enggak layak, pegangannya saja sudah reot, terus banyak (bagian) yang rapuh juga,” ungkap Nila, Minggu (1/1/2017).

Peristiwa tersebut harus menjadi perhatian khusus bagi pemprov DKI Jakarta dan Kementerian Perhubungan. (NR)

Comment

News Feed