by

Presiden Menilai Kesiapan Paspampres Dalam Melaksanakan Tugas Saat Ini, Sangat Baik

Presiden Menilai Kesiapan Paspampres Dalam Melaksanakan Tugas Saat Ini, Sangat BaikJakarta, Penalutim.com – Joko Widodo mengingatkan Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) untuk mengikuti perkembangan zaman dalam melaksanakan tugasnya.

Hal tersebut di ungkapkannya saat mengunjungi  Markas Komando Paspampres di Jalan Tanah Abang Jakarta Kamis (29/12).

“Saya ingatkan Paspampres agar dapat mengimbangi perkembangan zaman baik dari sisi teknologi maupun strategi pengamanan VVIP,”

Selain itu Presiden juga mengatakan bahwa sekarang rakyat ingin dapat berinterkasi langsung dengan para pelaksana amanat rakyat dan Paspampres mesti memberi mereka kesempatan untuk berinteraksi dengan pemimpinnya.

“Kesetiaan dan kewaspadaan sangat diperlukan tapi jangan terlalu membatasi rakyat ketika ingin berinteraksi dengan pelaksana amanat rakyat, kedekatan dengan rakyat diperlukan,” katanya.

Paspampres, menurut Jokowi harus bisa menyesuaikan diri dengan perubahan zaman, yang juga membawa tantangan berbeda.

 “Kita semua harus beradaptasi,” katanya.

Sejak awal berdirinya Republik Indonesia sampai sekarang Paspampres telah menjalankan tugasnya menjaga presiden dan wakil presiden dengan baik.

 “Lebih dari itu juga menjaga para mantan presiden dan wapres serta tamu negara setingkat presiden dan tugas protokoler kenegaraan,” ungkapnya.

Presiden juga  mengingatkan pentingnya tugas mereka.

“Ingat visi prajurit yang setia, bertanggung jawab, disiplin, tangguh, solid, profesional dan berwawasan kebangsaan,” katanya.

Jokowi juga mengingatkan dalam kurun 71 tahun Indonesia Merdeka, ada beberapa peristiwa yang menyangkut pengamanan presiden.

“Kita catat misal saat peristiwa Cikini yang hampir saja menimpa Presiden Soekarno, namun karena perlindungan yang sangat cepat dan profesional saat itu, bisa selamat dari ancaman pembunuhan,” ujarnya.

Selain itu juga peristiwa ketika Presiden RI pertama Soekarno akan melaksanakan Shalat, juga terlindungi dan selamat karena pengamanan Paspampres.

 “Saat ini juga ada ancaman seperti terakhir yaitu bom panci yang ditujukan ke Paspampres dan Istana, dan Alhamdulillah sebelum itu terlaksana sudah ditangkap dulu oleh Densus 88,” kata Kepala Negara.

Dengan demikian Kesiapan Paspampres dalam melaksanakan tugas saat ini sangat baik.

 “Setelah saya lihat seluruh sarana, peralatan, tempat latihan, saya kira kesiapannya sangat baik dan profesional, ini tidak pernah saya bayangkan. Saya ucapkan terima kasih, selamat bertugas,” kata Jokowi.

Comment

News Feed