by

Pembebasan Lahan Bertani Di Luwu Timur Sangat Sulit

Luwu Timur, Penalutim.com – Kunjungan Bupati dan Wakil Bupati Luwu Timur dalam acara syukuran di Desa Balambano, Kecamatan Wasuponda pada Rabu 7 September membuat Kepala Desa Balambano Khairullah senang atas kehadiran mereka.

Pembebasan Lahan Bertani di Luwu Timur Sangat Sulit

Khairullah berharap dengan hadirnya Bupati dan Wakil Bupati dalam acara tersebut dapat mendengar langsung keluhan yang menjadi problem masyarakat. Karena menurutnya dengan cara seperti itu tidak ada lagi yang membatasi atau perantara pemerintah untuk mendengarkan keluhan masyarakat.

Orang nomor satu di Desa Balambano itu mengatakan, bahwa salah satu problem yang dihadapi masyakat kabupaten Luwu Timur, khusnya di Desa yang ia pimpin adalah sulitnya pembebasan lahan tani yang dikategorikan Hutan Produksi Terbatas (HPT).

Ia menilai, kerusakan ekosistem alam yang selama ini menjadi pertimbangan pemerintah untuk melakukan pembebasan lahan justru merugikan masyarakat petani.

“jika kawasan yang masi berstatus HPT dibebaskan, kita pemerintah bisa mempasilitasi masyarakat dengan tanaman yang bisa berproduksi tetapi juga dapat menjaga ekosistem alam, seperti pohon pala, pohon damar dan lain sebagainya” jelasnya.

“apalagi daerah Luwu Timur salah satu penghasil damar” tambahnya.

Oleh karena itu, ia berharap agar pemerintah memperhatikan masyarakat yang bermukim di kawasan-kawasan agar ada pembebasan lahan untuk dikelolah sebagai tempat bercocok tanam.

“saya berharap agar pemerintah daerah Luwu Timur segerah membebaskan kawasan-kawasan yang ada masyarakat bermukim di dalamnya, apalagi jika masyarakat di dalam kawasan itu sudah lama bermukim” tutupnya. (SS/Red)

Comment

News Feed