by

Alasan Mendikbud Muhadjir Effendy Ingin Berlakukan Full Day School

Jakarta, Penalutim.com – Rencana Mendikbud Muhadjir Effendy yang ingin menerapkan sistem “full day school”  untuk pendidikan dasar SD, dan SMP langsung disambut dengaan reaksi dari berbagai kalangan.

Alasan Mendikbud Muhadjir Effendy Ingin Berlakukan Full Day School

Muhadjir Effendy mengungkapkan alasan dibalik ingin diberlakukannya sistem full day school. Menurutnya dengan sistem full day school ini secara perlahan anak didik akan terbangun karakternya dan tidak menjadi liar di luar sekolah ketika orangtua mereka masih belum pulang dari kerja.

Tambahnya lagi, kalau anak-anak tetap berada di sekolah, mereka bisa menyelesaikan tugas-tugas sekolah sampai dijemput orangtuanya seusai jam kerja. Untuk aktivitas lain seperti mengaji bagi yang beragama Islam, menurut Mendikbud, pihak sekolah bisa memanggil guru mengaji atau ustaz dengan latar belakang dan rekam jejak yang sudah diketahui.

Karena menurutnya jika mengaji di luar, mereka dikhawatirkan akan diajari hal-hal yang menyimpang.

Muhadjir Effendy masih terus mensosialisasi sistem tersebut ke sekolah-sekolah, mulai dari pusat hinggaa ke daerah.

“Nantinya memang harus ada payung hukumnya, yakni peraturan menteri (permen). Namun, untuk saat ini masih sosialisasi terlebih dahulu secara intensif,” ujarnya, (07/8). (ND/Red)

 

Comment

News Feed