by

Menteri Pertahanan China : Warga Harus Siap Berperang

penalutim

Beijing, Penalutim.com – Ketegangan yang terjadi di Laut China Selatan yang terus menurus dihadapi Negri Tirai Bambu dengan negara-negara perbatasan, membuat Menteri Pertahan China peringatkan seluruh warga negaranya untuk siap membela keutuhan wilayah negara.

Chang Waquan membuat penyataan tersebut usai meninjuau instalasi militer di Provinsu China Timur pesisir Zhejiang.

“Keseriusan situasi kemanan nasional harus diakui, terutama ketika datang ancaman yang ditimbulkan dari laut. Militer, penegak hukum China, dan warga harus siap untuk mobilisasi dalam perang rakyat di laut,” kata Wanquan seperti dikutip dari Russia Today, Kamis (04/8).

Menurutnya, masyarakat umum harus dididik tentang isus-isu pertahanan nasional karena kedaulatan nasional dan integritas wilayah dalam ancaman.

Pernyataan Wanquan ini muncul ditengah ketegangan yang belum pernah terjadi sebelumnya atas pulau-pulau yang disengketakan di Laut China Selatan.

Sebelumnya Angkatan laut Amerika Serikat (AS) telah mengirimkan kapal perang dan pesawat militer untuk mendekati pulau-pulau yang disengketakan secara langsung. AS mengatakan melakukan hal itu untuk memastikan prinsip-prinsip kebebasan navigasi di perairan internasional. (Red)

Comment

News Feed