by

489 Kepala Daerah Akan Rakornas TPID di Jakarta, Bupati Lutim Turut Hadir

Jakarta, Penalutim.com – 489 kepala daerah se Indonesia akan menghadiri Rapat Kordinasi Nasional (Rakornas) Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID), di Jakarta, Kamis (04/8). Rencananya Presiden Jokowi yang akan memimpin langsung Rakornas TPID tersebut.

penalutimTema dalam Rakornas TPID kali ini adalah Memperkuat Sinkronisasi Kebijakan Pusat dan Daerah Guna Mempercepat Infrastruktur dan Tata Niaga Pangan.

Kegiatan yang diselenggarakan oleh Bank Indonesia, serta berkerjasama dengan pemerintah pusat dan daerah turut dihadiri oleh Bupati Luwu Timur, Thorig Husler.

Direktur Eksekutif Kebijakan Makro Ekonomi dan Moneter Bank Indonesia Juda Agung yang ditemui di Jakarta pada Rabu (03/8), mengatakan Rakornas tersebut akan memperkuat perta jalan (road map) target pengendalian inflasi nasional sebanyak 3,5 persen pada 2018.

“Tujuannya mendorong sinergi pemerintah pusat, pemerintah daerah, dan bank sentral dalam mengatasi masalah struktural infrastruktur pangan dan tata niaga pangan,” Ujarnya.

Bank Indonesia dalam Rakornas TPID akan memberikan penghargaan bagi provinsi dan kabupaten/kota yang dinilai mampu mengendalikan inflasi dengan baik.

Menurut Juda, sejauh ini sinergi pemerintah pusat, daerah, dan pihaknya berjalan baik. hal Itu dapat terlihat dari terjaganya 3.35 persen. Laju inflasi tahun berjalan dan inflasi tahunan pada Juli 2016 ini masing-masing sebesar 1.7 persen dan 3.21 persen menunjukan kordinasi yang semakin erat. (RI/Red)

Comment

News Feed