by

Danau Matano Kebanggaan Luwu Timur

Luwu Timur, Penalutim.co.id – Sektor pariwisata Indonesia selalu memiliki nilai lebih dan minat kunjung yang besar bagi wisatawannya. Karena kekayaan dan keindahan alam di Indonesia memiliki nilai jual yang sangat tinggi.

Sebagaimana kekayaan dan keindahan alam di wilayah Sulawesi Selatan, yaitu Danau Matano, yang berada tepat di Sorowako, Kecamatan Nuha, Kabupaten Luwu Timur.

Danau dengan kedalaman 590 meter dengan permukaan air danau berada di ketinggian 382 meter di atas permukaan laut tersebut, merupakan salah satu danau terdalam ke delapan di dunia.

Danau Matano yang menjadi kebanggaan Luwu Timur tersebut memiliki bentuk memanjang, dengan panjang 28 kilometer dan lebar 8 meter. Danau Matano juga merupakan objek wisata yang tidak pernah mengecewakan pengunjungnya.

Selain itu, kekayaan alam flora dan fauna yang terdapat di Danau Matano juga merupakan kekayaan yang tidak dapat dijumpai di tempat wisata lainnya.

Spesies ikan yang beragam dan unik, serta fenomena alam yang mengagumkan, seperti mata air yang sangat jernih yang muncul di sekitar danau dan airnya layak untuk dikonsumsi, adalah keistimewaan yang dihadirkan oleh danau tersebut.

Sebagaimana yang diungkapkan oleh Bupati Luwu Timur, Thorig Husler yang dalam masa pemerintahannya juga memprioritaskan kemajuan sektor pariwisata di Luwu Timur. Husler mengungkapkan, bahwa potensi pariwisata di Luwu Timur sangat kaya, khususnya Danau Matano yang keindahannya dianggap sangat menjual.

“Potensi kami luar biasa. Mulai dari potensi pariwisata pertambangan ada, potensi pariwisata pegunungan ada, potensi pariwisata laut ada, potensi untuk kebudayaan ada, kami lengkap disini. Hanya ya itu, kami pelan-pelan dengan prioritas kita menyiapkan sarana dan prasarana yang lebih baik di tempat-tempat wisata,” ungkap Husler, Selasa (19/7).

Namun jarak yang harus ditempuh untuk menyaksikan keelokkan Danau Matano tersebut terbilang jauh. Hal tersebut juga diakui Husler sebagai kendala bagi para turis untuk memilih Luwu Timur sebagai tempat berwisata.

“Kita sadari, Kabupaten Luwu Timur ini berada di paling ujung Provinsi Sulawesi Selatan. Salah satu destinasi wisata kebanyakan orang itu yang (menempuhnya) tidak capek,” ucap Husler, (19/7).

Akan tetapi, berbagai keistimewaan yang dimiliki danau tersebut menjadi daya tarik tesendiri bagi turis domestik maupun luar negeri. Sehingga kendala berupa jarak tempuh yang tergolong jauh tersebut masih dapat teratasi.

 

Penulis : Ning Rahayu

Editor : Redaksi

Foto : Superadventure

 

Comment

News Feed