by

Kalau Ke Lutim Jangan Lupa Makanan Ini

Penalutim.com – Hari Raya Idul Fitri selalu menjadi moment sakral yang paling ditunggu setiap tahun oleh warga muslim di Indonesia.

 

Lebaran di Indonesia identik dengan tradisi mudik bagi setiap warga yang merantau diberbagai kota atau daerah. Mudik selalu menjadi topik tertinggi setiap menjelang hari raya idul fitri.

 

Pemudik yang tersebar dari berbagai kota ataupun daerah di Indonesia, biasanya akan membawa cinderamata atau oleh-oleh yang nantinya akan dibawah ke kampung halamannya. Salah satunya adalah makanan. Indonesia terkenal dengan berbagai makanan khasnya, dan di hampir semua daerah tersaji makanan khas yang juga menandakan eksistensi daerah tersebut.

 

Luwu Timur salah satunya, daerah yang terdapat di Sulawesi Selatan ini memiliki beberapa makanan khas yang bisa Anda bawa pulang ke kampung halaman. Jika Anda berada di daerah Luwu Timur sangat sayang rasanya melewatkan beberapa jenis makanan khas daerah ini.

 

Penalutim.com merangkum beberapa makanan khas kota Luwu Timur, berikut nama makanan khas daerah tersebut :

 

1. Barobbo

Barobbo merupakan Bubur Jagung khas masyarakat Sulawesi Selatan khususnya masyarakat di Tana Luwu (Kota Palopo, Kab. Luwu, Kab. Luwu Utara, dan Kab. Luwu Timur).

Penalutim

 

Bahan utamanya adalah Jagung, Ayam (goreng dan suwir-suwir) atau udang, Bawang merah, Bawang putih, Merica, Bayam atau kangkung atau sawi, dan Daun sup.

 

 

 

 

 

 

 

 

2. Kapurung

Kapurung merupakan salah satPenalutimu makanan tradisional masyarakat di Tanah Luwu (Kota Palopo, Kab. Luwu, Kab. Luwu Utara,  dan Kab. Luwu Timur).

 

Bahan utamanya adalah sagu. Salah satu unsur utama yang membuat hidangan ini enak adalah kuahnya yang berasal dari air ikan yang sudah dimasak.

 

 

 

 

3. Dange

Penalutim

Bagi sebagian besar orang Bugis sudah mengetahui makanan yang satu ini. Selain nikmat disajikan dengan makanan jenis lain, juga tahan lama dan bisa menjadi alternatif bagi penderita diabetes.

 

Setiap daerah di Indonesia memang mempunyai ciri khas yang membuatnya menjadi pembeda dari daerah lain. Luwu Timur tidak hanya terkenal dengan pesona alam yang indah, namun daerah ini juga menyajikan makanan khas yang sangat menggoda lidah.

 

Jika Anda berada di daerah tersebut sayang jika melewati makanan yang sangat khas dari kota ini. (Red)

Comment

News Feed