by

DPR RI Setujui Bangun Pangkalan Militer di Laut Natuna

Penalutim

Jakarta, Penalutim.com – DPR RI memberikan persetujuan terkait usulan pemerintah yang ingin membangun pangkalan militer di perairan Laut Natuna.

 

Wakil Ketua Komisi I DPR Hanafi Rais menuturkan bahwa, usulan pemerintah untuk membangun pangkalan militer di Kepulauan Natuna, Provinsi Kepulauan Riau telah disetujui DPR.

 

Pemerintah Indonesia sebelumnya berencana membuat pangkalan militer di Kepulauan Natuna. Ketegangan yang sering muncul belakangan ini dari negara-negara yang berbatasan langsung Laut Cina Selatan boleh jadi salah satu faktor adanya usulan tersebut.

 

“Natuna sebagai pangkalan militer sudah disampaikan ke Komisi I. Kami sudah setuju untuk dibangun bertahap,” ujar Hanafi Rais, Selasa (28/6).

 

Lanjut Hanafi, pembangunan pangkalan militer di Natuna untuk mengoptimalkan kegiatan ekonomi di kawasan Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE) di wilayah itu. Hal itu juga bertujuan agar Indonesia memiliki hak berdaulat untuk memanfaatkan kekayaan alam di wilayah Natuna.

 

Hanafi juga menyarankan pemerintah untuk melakukan koordinasi secara intensif dengan negara-negara Asia Tenggara. Tujuannya agar tak dianggap sebagai bentuk militerisasi yang mengancam negara tetangga, termasuk ancaman Tiongkok. (Red)

 

Comment

News Feed