by

Ini Tempat Wisata di Luwu Timur Yang Ramai di Kunjungi

Luwu Timur, Penalutim.co.id – Luwu Timur merupakan daerah yang terlelak di Sulawesi Selatan. Kabupaten ini berasal dari pemakaran Kabupaten Luwu Utara yang disahkan dengan UU Nomor 7 tahun 2003 pada 25 Februari 2003.

Daerah tersebut rupahnya di anugerahkan pesona alam yang sangat kaya, dan memiliki nilai estetika yang tinggi. Hal tersebut mampu menghipnotis wisatawan yang berkunjung ke objek-objek wisata di daerah ini.

Dari sekian banyak wisata alam di Luwu Timur,  Penalutim merangkum beberapa objek saja. Berikut beberapa tujuan wisata yang dapat Anda kunjungi:

Danau Matano

Danau matano yang terletak di kota Sorowako, Luwu Timur di nilai memiliki daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang berkunjung. Tidak seperti danau lain di Indoneisa, air yang mengenangi Danau Matano bukanlah berasal dari aliran sungai-sungai, melainkan bersumber dari ribuan mata air.

Danau tersebut tercatat sebagai danau terdalam di Asia Tenggara, kedalamannya nyaris mencapai 600 meter atau tepatnya 594 meter.

Di tengah danau, terdapat sejumlah pulau yang bisa disinggahi oleh wisatawan yang datang, diantaranya pulau Nuha Langkai dan Nuha le, dan Pulau Kucing.

Jadi bila mana Anda sedang berada di Sorowako, perlu rasanya datang ke Danau Matano yang indah ini.

Air Terjun Sungai Anuang

Air Terjun di Sungai Anuang terletak 30 km arah utara Mangkutana di Poros Trans Sulawesi yang menghubungkan Kabupaten Luwu Timur dengan Kabupaten Poso.

Air Terjun Sungai Anuang berada di tepi jalan, mengarah ke Kabupaten Poso. Derasnya air yang mengalir membuat pengunjung tidak tahan untuk tidak basah-basahan disana. Bahkan pengunjung menganggap aiir tersebut sangat sejuk dan mampu menciptakan kesegaran.

Bulu Poloe

Bulu Poloe merupakan salah satu objek wisata yang memiliki nilai sejarah tentang asal muasal bangsa Luwu. Bulu Poloe yang berarti Gunung yang patah, konon diceritakan gunung tersebut patah (terpisah) karena tertimpah badan pohon yang sangat besar untuk membuat perahu oleh seorang pangeran kerajaan Luwu.

Dibalik cerita yang berkembang dimasyarakat, Bulu Poloe memiliki aneka terumbu karang dan biota laut yang sangat menakjubkan. Selain itu, Bulu Poloe dikelilingi hamparan partai berpasir putih. Terumbuh karang dan biota laut yang menawam rasanya menjadi hal yang wajib bagi wisatawan agar menyelam untuk dapat melihat anugerah Tuhan yang luar biasa ini.

Letak Pulau ini berada di ujung utara Teluk Bone, dibutuhkan waktu sekitar 30 menit menggunakan perahu, dan mengambil titik star di Pelabuhan Balantang. Rute lainnya juga dapat melalui Batu Menggoro.

Air Terjun Mata Buntu

Mata Buntu merupakan objek wisata alam yang juga tidak boleh Anda lewatkan. Mata Bumbu sendiri yang dalam bahasa setempat berarti air yang keluar dari batu.

Sesuai namanya, dapat dilihat bahwa air tersebut keluar dari sela-sela bebatuan. Awalnya sebelum menjadi Mata Buntu, menurut warga setempat objek wisata ini bernama Maruruno, yang artinya gemuruh.

Wisata tersebut menawarkan keindahan dengan memberikan suasana asri. Hutan yang masih asri mengelilingi kawasan wisata ini.

Untuk dapat mencapai tempat teratas air terjun ini, Anda harus menapaki ratusan anak tangga yang tersedia. Mata buntu dapat ditempuh dengan kendaraan roda dua dan roda empat. Dari malili bisa dijangkau selama 40 menit dan 30 menit dari Sorowako Luwu Timur. (R.I/Red)

Comment

News Feed